Search

Konfigurasi AP Outdoor

 Konfigurasi Mikrotik RB-750R-2 dengan Switch Catalyst 2950 Series dan 
AP Outdoor (Tp-Link) & (Pharos) 

I. Tujuan Pembelajaran
      • Pembaca dapat merancang topologi AP Outdoor
       Pembaca dapat melakukan konfigurasi Tp-Link AP dan Client
      • Pembaca dapat mengerti hasil tes konfigurasi
      • Pembaca dapat melakukan Point to Point dari AP pada client
      
II. Materi Singkat
    Sebelum masuk ke dalam tahap konfigurasi diharapkan pembaca membaca materi singkat seputar Access Point Oudoor. Access Point Outdoor adalah perangkat keras yang digunakan dalam jaringan area lokal nirkabel yang berfungsi untuk mengirim atau menerima data. Pada Access Point terdapat antena dan transceiver, komponen ini bertugas untuk memancarkan dan menerima sinyal dari client server ataupun menuju client server. Untuk bisa memncarkan sinyal wifi tersebut, biasanya Access Point akan disambungkan ke perangkat keras seperti router, hub atau switch melalui kabel ethernet.

    Cara kerja Access Point Outdoor adalah dengan cara Access Point pengirim akan mengirimkan sinyal wifi yang berasal dari sumber internet ke Access Point client lalu Access Point client akan menerima sinyal wifi tersebut dan meneruskan ke router client.

III. Alat - Alat
  1. Mikrotik RB750R-2
  2. Switch Catalyst 2950 Series
  3. Komputer (1 buah)
  4. Access Point Tp-Link (1 buah)
  5. Access Point Tp-link Pharos (1 buah)
  6. Access Point Tp-Link indoor (3 buah)
  7. Cable console
  8. Cable UTP 8 pin 
  9. Cable Adaptor 9, 12 & 24 Volt 1 A
  10. Barrel Poe (2 buah)

IV. Topologi
    

V. Langkah - Langkah Konfigurasi
    
    1. Langkah pertama buka control panel terlebih dahulu, di sini kita akan membuat ip static untuk komputer kita yang bertujuan untuk meremote Access Point Tp-link, karena jika ingin meremote Access Point Tp-link nya kita harus berada di dalam satu network dengan network Access Point Tp-link nya. di sini IP default AP saya 192.168.1.254.
      
       

 2. Buka Command Prompt lalu ketikan IP Address AP tersebut, jika hasilnya seperti ini maka komputer kalian sudah bisa dapat mengakses AP.
          
           

    3. Buka Google Chrome lalu ketikkan IP default AP kita tadi, kemudian ikuti langkah -            langkah seperti di bawah ini.

    
    4. Pilih menu network lalu save.





    5. Kemudian pilih menu Wireless lalu masuk ke Basic Settings, di sini kalian akan                  membuat SSID untuk AP tersebut. ikuti langkah - langkah yang ada di bawah ini





    6. Masih pada menu wireless, selanjutnya kalian masuk ke submenu Security Settings di sini kalian akan membuat wireless security WEP. Untuk caranya ada di bawah ini.
            
            Note :
                
                1. WEP merupakan standart keamanan & enkripsi pertama yang digunakan pada wireless, WEP (Wired Equivalent Privacy) adalah suatu metode pengamanan jaringan nirkabel, disebut juga dengan Shared Key Authentication. Shared Key Authentication adalah metode otentikasi yang membutuhkan penggunaan WEP. Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (oleh administrator) ke client maupun access point. Kunci ini harus cocok dari yang diberikan akses point ke client, dengan yang dimasukkan client untuk authentikasi menuju access point, dan WEP mempunyai standar







    . 7. Setelah selesai setting AP Tp-Link, selanjutnya setting AP Tp-Link Pharos. Cara untuk mengakses AP Tp-Link Pharos sama seperti pada saat ingin mengakses AP Tp-link tadi. di sini IP default AP Pharos nya adalah 192.168.0.254, kemudian kita buat IP Static untuk komputer kita yang masih satu network dengan AP Pharos.



    
    8. Kemudian lakukan uji coba Ping di Command Prompt untuk memastikan komputer kita sudah terhubung dan dapat mengakses AP Pharos tersebut.



    9. jika sudah terhubung ke IP Pharos,dengan mengetik ip default pharos yaitu 192.168.0.254,setelah masuk akan di minta default username=admin dan pasword=admin
dan untuk region di united states jangan lupa untuk mengceklis "I agree to these terms of use" lalu klik login




    10. Setelah login memakai username dan pasword,default Pharos akan meminta untuk mengganti username dan pasword untuk menjaga keamanan lebih pada jaringan anda "Bisa di ganti bebas sesuai dengan keinginan anda"




    11. Setelah masuk ke AP Pharos lalu ganti opration mode ke "client" dan lalu masuk ke bagian "network" lanjut dengann mengganti IP address,pada bagian IP address harus satu IP/ Satu network dengan AP outdor yang sebelum nya di konfig yaituu "192.168.1.254" jika ini "client" maka harus dengan host yang berbeda dengan AP sebelumnya, dengan contoh saya kasih IP "192.168.1.253" lalu gateway nya adalah IP dari AP TP-link,lalu jika sudah klik apply. 




    12. Setelah mengkonfig bagian network,lalu masuk ke bagian wireless,




    13. Kemudian klik survey seperti yang ada di bawah ini.



    14. di sini akan ada banyak pilihan SSID wireless, kalian pilih yang SSID nya sesuai dengan nama AP Tp-Link yang telah kalian buat tadi, setelah itu centang lalu klik connect. 




    15. Lalu aktifkan WEP key dengan cara dibawah ini. kemudian cocokkan WEP key nya dengan WEP key yang telah kalian buat di AP Tp-Link tadi. Setelah itu Apply saja.


    16. Setelah selesai dengan Client,lalu masuk ke winbox,masukan IP address sesuai dengan yang di berikan oleh topologi






    17. Setelah dengan memasukan IP address,perlu memasukan dns google,di bagian dns seting dengan contoh "8.8.8.8" , "8.8.4.4' lalu ceklis Allow Remote Request  fungsi nya adalah jaringan client yang ada di router kita bisa menggunakan gateway sebagai dns, ini bertujuan agar mempermudah kita saat ada penggantian dns dari provaider, kita hanya tinggal mengganti dns di router saja tanpa perlu melakukan konfigurasi ulang di pihak client dan tidak perlu lagi menggunakan dns google atau semacamnya.



    18. Jika sudah memasukan dns pada dns seting,lalu isi gateway di route




    19. Jika sudah memasukan gateway,lalu masukan firewall,ke opsi NAT lalu General dengan chain "srcnat" out interface "all ethernet" lalu ke bagian action




    20. Setelah general perlu menyeting di bagian action ganti action dengan masquerade fungsi nya adalah agar client bisa berkomunikasi dengan IP publik




    21. Setelah firewall jikaaa mau pc anda bisa terkoneksi dengan sebuah internt kalian harus memberi IP ke pc kalian 





    22. Lanjut mengisi IP di controll panel agar bisa terkoneksi ke internet,sesuai dengan yang di berikan pada mikrotik, IP address di mikrotik sebagai gateway dan PC sebagai client nya



    23. Lalu lakukan uji coba tes koneksi, jika seperti ini maka berhasil.



    24. Setelah terkoneksi,kalian harus memberi sebuah IP address untuk ke AP TP LINK agar dapat terkoneksi internet,beri sebuah IP address sesuai dengan topologi yang ada mengarah ke AP TP LINK




    25. Setelah selesai menyetting mikrotik nya, kalian masuk ke AP router kalian, jika kalian belum mengetahui caranya hal pertama yang kalian lakukan cek IP default AP router tersebut lalu buka pencarian Google Chrome kalian kemudian ketikkan IP default AP router tersebut. Lalu masukkan username dan password AP router, untuk info login Tp-link Username : admin Password : admin.




    26. Jika sudah masuk, pilih menu Network dan pilih submenu WAN kemudian untuk Connection Type nya kalian pilih Static IP. dan untuk settingan IP Address, Gateway, dll, itu memakai ethernet 3 yang telah kita buat tadi di mikrotik.




    27.di sini kalian akan membuat SSID untuk AP router nya, settingan nya seperti di bawah ini dan untuk SSID nya bebas.




    28. lalu buat Password untuk AP router nya, ikuti langkah - langkah yang ada di bawah.




    29. Yang terakhir kalian hubungkan AP router yang telah kalian setting tadi, jika sudah terhubung maka materi konfigurasi kali ini sudah berhasil.





   - Selamat Mencoba -
        Created By : dfmrchn 
                              Danish




      

0 komentar:

Posting Komentar